Mitsubishi + Nissan + Suzuki = Lucrative!


Mitsubishi membeberkan rencana bisnis jangka menengah mereka tahun ini. Direncana tersebut dikatakan bahwa mereka akan membagun produk-produk ekonomis dan fokus pada pasar-pasar baru seperti di China, Rusia, dan Brazil.

Elemen kunci dari rencana ini adalah meluncurkan delapan mobil listrik/plug in hybrid hingga 2015. Detailnya masih terbatas, tapi produk-produk yang sepertinya akan diluncurkan adalah Px MiEV dan MiEV Cargo.

Selain proposal berbasis konsumsi BBM yang ekonomis, proposal ini juga menginginkan kerja sama yang lebih besar dengan Nissan. Kedua perusahaan ini telah berkolaborasi membangun minicar, tapi mereka juga sedang mempertimbangkan untuk bekerjasama mengembangkan pickup one-ton untuk pasar-pasar yang sedang berkembang.

Konsekuensi dari rencana ini, beberapa model seperti Eclipse, Endeavor, dan Galant tidak lagi dilanjutkan penjualannya di Amerika Serikat, dan Eropa. Mengapa? Karena mereka berkonsentrasi untuk platform-platform global. Kemungkinan, model-model tersebut akan digantikan dengan konsep mobil kecil global hasil kerjasama mereka dengan Suzuki di 2012. Tujuan dari kerja sama antar merek ini untuk menghemat biaya produksi, dan alih teknologi sehingga produk-produk yang mereka hadirkan lebih kompetitif.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar