Konsumsi BBM VW XL1 Hanya 111,1 km/liter


Volkswagen benar-benar menunjukkan kelasnya sebagai salah satu manufaktur paling hebat di dunia setelah meluncurkan Formula XL1 di Qatar.

Betapa tidak, XL1 adalah simfoni dari teknologi dan rekayasa teknik yang efisien. Seberapa efisien? Konsumsi BBM rata-ratanya hanya 0,9 liter/100 km! Ini setara dengan 111,1 km/liter. Wow! Hasil yang luar biasa. Untuk mendapatkan konsumsi seperti ini XL1 dilengkapi dengan mesin dua silinder 800 cc TDI bertenaga 47 hp dan motor elektrik bertenaga 27 hp dari baterai lithium-ion. Mesin ini terkoneksi pada transmisi kopling ganda 7-speed. Konsep berbobot 795 kg ini dapat berakselerasi 0-100 km/jam dalam 11,9 detik, dan akan terus melaju hingga kecepatan 160 km/jam. Lebih penting dari itu, mobil ini dapat dijalankan dalam mode EV dengan total jarak tempuh 35 km. Emisinya? Hanya 24g/km saja.

Dari desainnya, XL1 dibuat sangat aerodinamis dengan memakai lampu LED, pintu mirip Ferrari Enzo, serta memakai panel bodi carbon fiber reinforced polymer (CFRP) yang menggunakan proses Resin Transfer Molding (aRTM) yang canggih. Ini dikombinasikan dengan chassis carbon fiber monokok sehingga lebih kuat dan ringan.

Di dalam, semua panel instrumen terlihat bagai mobil yang siap diproduksi (terlihat bagai VW Golf/Scirocco), dengan kapasitas bagasi mencapai 100 liter saja. Walaupun baru merupakan konsep, namun VW mengatakan bahwa tidak ada salahnya menawarkan mobil satu-liter di masa mendatang.



1 komentar: