Inilah Dia New Ford Ranger!



Brentwood/Sydney, 14 Oktober 2010. All new Ford Ranger melakukan debutnya hari ini di Australian International Motor Show di Sydney, Australia. Stephen Odell, chairman dan CEO, Ford Eropa, mengatakan: “New Ranger adalah kendaraan dinamis dan menyenangkan yang akan menjadi patokan/benchmark di pasar pickup.”

Dibangun atas dasar inovasi, Ranger mengadopsi banyak teknologi termasuk sistem kamera belakang terbaru, Voice Control, Trailer Sway Control, dan Adaptive Load Control. Ranger terbaru akan tersedia dalam tiga gaya bodi, penggerak 4x2 dan 4x4, dua pilihan ketinggian pengendaraan, dan empat pilihan seri.

All new Ford Ranger memiliki desain baru, segar, dan kontemporer yang dikatakan Ford sebagai ketangguhan abad 21. Hmm…jika dilihat dari desainnya, rasanya apa yang dikatakan Ford tidak berlebihan. Ranger baru memang terlihat lebih gagah dari pendahulunya. Bahkan, jika dimasukkan ke Indonesia, Ford Ranger terbaru ini akan menjadi double cabin paling gagah dan tampan. Sebuah modal penting untuk menggaet offroader kota.

Beralih ke interiornya. Tak seperti double cabin kebanyakan, jok bagian belakang Ranger dibuat lebih luas sehingga mampu memuat tiga orang dengan nyaman, dengan ruang kaki dan kepala memadai.

Nah, untuk mengurangi biaya, utamanya dalam hal konsumsi BBM-nya, Ford menggunakan teknologi simulasi berteknologi tinggi agar desain Ranger mampu meningkatkan efisiensi BBM. Menggunakan teknologi simulasi yang digunakan oleh tim Formula One, ahli aerodinamika Ford melakukan lebih dari 1.000 simulasi aerodinamika kendaraan untuk menyempurnakan bentuk Ranger. Sebagai contoh, garis keras di atas bumper depan berguna untuk memisahkan angin sekaligus mengurangi hambatan angin.

Contoh lainnya adalah aplikasi lampu belakang. Teknologi simulasi canggih ini mengindikasikan bahwa lampu belakang harus diletakkan vertical, pilar A dioptimalkan, dan spoiler kecil ditambahkan di atas tailgate. Selain itu, air dam depan berfungsi vital untuk mengontrol aliran urada di bawah mobil sehingga mengurangi drag coefficient.

Menunjang dinamika dan ketangguhannya, Ranger menggunakan dua mesin diesel terbaru yakni 2,2-liter Duratorq TDCi I4 diesel engine dengan torsi puncak mencapai 375Nm, dan puncak 150 PS. Pilihan lainnya adalah mesin 3,2-liter, Ford Duratorq TDCi I5 bertenaga 200 PS dengan torsi 470Nm. Agar lebih hemat BBM, rasio transmisi dan final drive dihitung dengan seksama agar akselerasinya mantap, efisien konsumsi BBM-nya, kemampuan towing dahsyat, dan pengendaraan yang lebih senyap.

Melengkapinya, sistem penggerak empat rodanya dilengkapi dengan electronically controlled transfer case yang membuat pengemudi mampu memindahkan penggerak 4x2 ke 4x4 kapan saja melalui switch elektronik di konsolnya. Jika torsi ekstra Anda butuhkan cukup pilih gearing rendahnya (4L).


Performa offroadnya juga ditingkatkan dengan mengadopsi frame lebih kaku, ground clearance mencapai 232mm dan komponen driveline yang secara srategis dipasang di atas frame rail. Bagaimana dengan dimensinya? Sumbu roda Ranger mencapai 3.220 mm dengan jarak pijak 1.560 mm untuk model 4x4. Dan, untuk model 4x2 jarak pijaknya berukuran 1.590mm.

Kecanggihan Ford Ranger terus berlanjut dengan aplikasi ESP, kontrol traksi empat roda, kontrol yaw, Trailer Sway Mitigation, Adaptive Load Control, dan roll-over mitigation. Lalu untuk prangkat keselamatannya, Ford ranger dibekali airbags tirai dam samping dan Rear Park Assist dan Rearview Camera system. Ranger terbaru akan dibuat di Rayong, Thailand (perkiraan kami di bulan Maret 2011), dan akan masuk ke Indonesia antara bulan Mei-Juli (bertepatan dengan IIMS 2011).

4 komentar:

  1. I am on the first list to order ... currently I drive 3000CC V6 Ford Escape ... no serious complain and so far so good ... I have been awaiting for FORD to come with this Urban 4X4 Double Cabin concept ... great car, congratulation!

    BalasHapus
  2. Hi Romano. Thanks for your comment.

    BalasHapus
  3. belum pernah gua nyentuh permukaan catnya nih, bening juga kyaknya..xixii

    BalasHapus
  4. Hi Morgan, kira-kira teknik mengecat seperti apa ya yang mereka pakai? Hehehe...

    BalasHapus