Rekor Baru Mercedes-Benz

STUTTGART -- Mercedes-Benz berhasil mencatat sejarah baru rekor penjualan bulanan dunia tertinggi selama September 2010. Penjualan kendaraan premium Mercedes-Benz selama bulan kesembilan lalu ini sekaligus menjadi yang terbaik sepanjang 2010. Dengan kata lain, dalam 11 bulan berturut-turut Mercedes-Benz telah berhasil meraih rata-rata penjualan bulanan dua dijit.

Selama bulan Sepember 2010 Mercedes-Benz meraih peningkatan pada hampir semua pasar dengan total penjualan global 118.600 unit. Jumlah ini meningkat 13 persen dari priode bulan yang sama tahun sebelumnya yang hanya 104.900 unit.

Tambahan penjualan tersebut menjadikan total penjualan global Mercedes-Benz sejak Januari hingga September 2010 telah mencapai 854.000 unit, meningkat 16 persen dari priode yang sama tahun sebelumnya yang meraih 737.600 unit.

"Kami telah mencapai pertumbuhan penjualan yang baik, bahkan melebihi perkiraan awal yang diharapkan pada bulan September 2010," kata Wakil Presiden Eksekutif Penjualan dan Pemasaran Mobil Mercedes-Benz Dr. Joachim Schmidt. "Jumlah pengiriman kendaraan telah melampaui rekor tertinggi September 2007, atau lebih tinggi dari awal krisis ekonomi," lanjutnya.

Joachim menambahkan Mercedes-Benz sangat optimis menyambut penjualan kuartal keemat 2010. "Perkembangan positif dalam beberapa bulan terakhir membuat kami sangat yakin untuk meningkatkan penjualan di kuartal keempat. Dalam konteks ini, kami ingin menumbuhkan dua pasar terbesar, yaitu di Jerman dan Amerika Serikat. Kami mengharapkan pertumbuhan penjualan yang sangat pesat di Asia khususnya di China," kata Joachim.

Optimisme Mercedes-Benz pada peningkatan penjualan di kuartal terakhir 2010 juga didasari meluncurnya produk baru seperti CL-Class dan R-Class, September lalu. Selain itu, Mercedes-Benz secara bertahap akan memperkenalkan varian mesin-mesin baru enam silinder dan delapan silinder berteknologi BlueDIRECT, serta generasi terbaru mesin diesel enam silinder berteknologi ECO start/stop yang hemat bahan bakar, dalam rentang modelnya.

"Langkah ke depan Mercedes-Benz saat ini dalam posisi yang sangat baik dan berada pada jalur mencapai peningkatan target penjualan di atas 10 persen selama tahun 2010," ungkap Joachim.

Mercedes-Benz sendiri telah meningkatkan penjualan di seluruh wilayah pasar sepanjang bulan September 2010. Pertumbuhan penjualan yang luar biasa telah dicapai di wilayah Asia/Pasifik dan negara-negara BRIC, dengan pengiriman kendaraan Mercedes-Benz di China (termasuk Hong Kong) meroket dua kali lipat dibandingkan tahun lalu (13.500 unit, naik 98 persen) yang merupakan rekor baru.

"Kami terus menjadi merek premium dengan pertumbuhan tercepat di China," kata Joachim. "Pada bulan September, kami sudah melampaui target awal penjualan tahun ini lebih dari 100.000 mobil penumpang. Ini terjadi berkat tingginya permintaan, dan kami telah meningkatkan target melebihi 120.000 unit."

Pertumbuhan penjualan yang mencapai dua dijit juga tercatat di seluruh negara-negara BRIC lain, seperti Brasil (naik 23 persen), Rusia (naik 47 persen), dan India (naik 92 persen).

Penjualan Mercedes-Benz juga terus tumbuh di Amerika Serikat. Pada bulan September, pengiriman mobil ke pelanggan meningkat sebesar 17 persen menjadi 19.900 unit (September 2009: 17.000). Dengan begitu, Mercedes-Benz memiliki penjualan tertinggi dari semua pemain merek kendaraan premium di Amerika Serikat. Untuk sembilan bulan pertama tahun ini, penjualan mencapai sebesar 159.700 unit (Januari-September 2009: 135.400) atau meningkat sebesar 18 persen.

Di Eropa Barat (termasuk Jerman), penjualan Mercedes-Benz meningkat sebesar 7 persen pada bulan September menjadi 33.500 unit (September 2009: 31.400). Hasil ini merupakan prestasi penjualan di pasar bervolume tinggi, seperti Inggris (naik 12 persen) dan Perancis (nail 5 persen).

Mercedes-Benz bahkan telah mengirim 27.300 kendaraan pada pelanggan di Jerman sepanjang bulan lalu (September 2009: 28700, turun 5 persen). Kendati merosot, namun penurunan Mercedes-Benz ini jauh lebih baik ketimbang yang dialami merek lain. Pasalnya, selama September 2010 permintaan kendaraan premium di Jerman anjlok 18 persen.

Sebagai hasilnya, Mercedes-Benz tetap menjadi merek premium nomor satu di Jerman dengan pangsa pasar keseluruhan 10,8 persen. Setidaknya, data Otoritas Transportasi Kendaraan Bermotor Jerman (KBA) juga menunjukkan bahwa lima model Mercedes-Benz, yaitu E-Class, E-Class coupe, C-Class, B-Class, dan smart fortwo, memimpin pada segmen masing-masing.

Peningkatan penjualan selama bulan September 2010 juga diberikan tiga model sedan andalan Mercedes-Benz, yaitu E-Class dan S-Class, serta SUV. Mercedes-Benz E-Class terjual 23.900 unit, naik 23 persen dari bulan yang sama tahun lalu. Jumlah ini sekaligus meningkatkan penjualan selama sembilan bulan pertama 2010 hingga 57 persen. Prestasi ini telah membuat E-Class memimpin di kelasnya.

Sementara S-Class mengalami pertumbuhan penjualan selama September 2010 sebesar 14 persen menjadi 6.600 unit dibanding bulan yang sama tahun 2009. Angka ini menggenapkan pertumbuhan mencapai 29 persen selama sembilan bulan pertama 2010 dibanding masa sebelumnya. S-Class juga menjadi pemimpin di kelasnya.

C-class, model sedan terkecil Mercedes-Benz, juga mencatat prestasi bagus. Selama bulan September 2010 model ini meningkat 9 persen. Sedangkan SUV GLK naik 32 persen, diikuti M-Class yang naik 27 persen. R-Class juga membanggakan dengan tumbuh 9 persen, dibarengi peningkatan B-Class mencapai 23.600 unit atau naik 4 persen (September 2009: 22.600).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar