Patutkah Obama Ditiru?

Jakarta, 9 November 2010. Obama menginjakkan kakinya di Indonesia. Bagi segelintir masyarakat Indonesia, kedatangannya memberikan perasaan bercampur aduk: mulai dari gairah akan semakin baiknya hubungan bilateral Indonesia dan Amerika Serikat, hingga nostalgia tersendiri. Maklumlah, Obama pernah tinggal dan dibesarkan di Indonesia. 

Terlepas dari unsur nostalgia itu, ternyata ada bagian dari diri Obama yang patut kita contoh. Apakah itu? Yakni gaya hidup ramah lingkungan yang sudah mendarah daging di diri Barry (panggilan kecil Obama), Presiden Amerika Serikat ke 44. 

Jauh hari sebelum dinobatkan menjadi seorang Presiden, Barack Obama yang saat itu masih seorang calon Presiden dari Partai Demokrat, amatlah sering terlihat mengendarai sebuah Ford Escape bermesin Hybrid. Perilaku Obama ini, adalah cermin bagaimana dia begitu awas terhadap isyu lingkungan hidup, khususnya pemanasan global. Tak heran jika dalam kampanyenya, Obama sering mengungkapkan pentingnya tindakan nyata untuk mencegah pemanasan global. 

Tak berhenti disitu, setelah Obama menjadi seorang Presiden, dia langsung menggebrak dengan memberikan kebebasan bagi setiap negara bagian di Amerika Serikat untuk menetapkan peraturan emisi yang lebih ketat. Obama juga menginstruksikan kepada Departemen Transportasi, agar segera membuat batasan yang lebih ketat mengenai konsumsi bahan bakar, serta target emisi yang harus dipenuhi oleh para manufaktur sejak bulan Maret 2009. Good job Mr. President.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar