Honda Amerika Recall 1.5 Juta Model Karena Transmisi


Recall yang dilakukan Honda Amerika terhadap 1,5 juta unit produknya yang terjual di Amerika Serikat juga termasuk dari 2,26 juta kendaraan Honda di seluruh dunia yang terkena penarikan. Demikian informasi yang diberikan Honda di Amerika kepada publik.

Adapun beberapa model itu, yakni Accord (mesin 4-silinder) produksi tahun 2008-2010 dan CR-V keluaran 2007-2010, serta Elemen kemunculan 2005-2008. Recall tersebut dilakukan sukarela oleh pabrikan Honda di Amerika.

Masalah yang terjadi pada beberapa model Honda tersebut adanya ketidakberesan pada transmisinya khususnya di gear mundur, netral dan D (drive). Jika secondary shaft yang bermasalah itu dibiarkan akan rusak dan bearing pun dapat pecah yang menyebabkan mesin rusak atau macet khususnya saat parkir.

Honda pun memutuskan untuk memperbaharui modul software transmisi, meringankan pergantian antar gear untuk mengurangi potensi kerusakan.

Terkait itu, pihak kantor pusat di Jepang belum menerima laporan kecelakaan karena hal demikian. Recall tetap harus dilakukan untuk menghindari terjadinya bahaya ke depan. Karena itu, Honda Amerika telah menginformasikan kepada para pemilik model yang terkena recall. Rencananya perbaikan di jaringan Honda di Amerika Serikat akan dilakukan mulai 31 Agustus 2011 bagi siapa saja yang menerima surat panggilan.

Sari Saraswati

Tidak ada komentar:

Posting Komentar