Audi Q7 13,3 Km/liter?

Sudah menjadi rahasia umum bahwa semakin besar kapasitas mesin sebuah mobil, maka semakin boros konsumsi BBM-nya. Nah, tapi hal tersebut tidak berlaku pada Audi Q7 bermesin diesel V6 3,0-liter TDI terbaru. Manufaktur asal Ingolstadt, Jerman ini mengklaim konsumsi bahan bakarnya mencapai 13,8 kilometer per liter. Hal ini berkat pengembangan yang dilakukan pada mesinnya, sehingga bisa lebih efisien namun tetap menyuguhkan performa yang andal.

Rahasianya terletak mesin diesel berbobot kurang dari 200 kg, dan seluruh komponennya dibuat presisi agar meminimalkan gesekan. Adanya fitur Thermal Management membuat mesin ini bekerja lebih optimal. Mesin diesel ini menggunakan sistem common-rail dengan lightning-fast piezo injector yang memungkinkan tekanan injeksi mencapai 2.000 bar. Adapun turbocharger dan camshaft telah diatur ulang untuk mendapatkan tingkat efisiensi. Sistem start/stop akan menonaktifkan mesin apabila kendaraan tengah berhenti.

Transmisi otomatis delapan percepatan dan sistem penggerak empat roda quattro akan menggerakkan Q7 dengan dinamis. Adapun untuk mesin dan tingkat efisiensi yang baik, Q7 mampu masuk standar emisi dan bahan bakar Euro 5 dengan angka 189 gram per km, belum ada SUV dari Eropa yang mampu menyuguhkan emisi serendah ini.

Mesin terbaru 3.0 TDI ini menyuguhkan tenaga 204 hp dengan suguhan torsi 450 Nm yang telah tersedia dari 1.250 hingga 2.750 rpm. Untuk berakselerasi 0-100 kpj hanya memerlukan waktu 9,1 detik. Kecepatan tertinggi diraih 202 kpj dan bila menggunakan opsional suspensi udara kecepatan akan menjadi 205 kpj.
Kusnadi

1 komentar:

  1. Kenapa konsumsi BBM audi q7 yang saya pakai bisa mencapai 4.5 km / liter ????

    BalasHapus