Vito E-CELL: Seri Produksi Pertama Van Elektrik


Stuttgart. Mercedes-Benz Vito E-Cell menang di Green Commercials of The Year dalam kategori "penggerak elektrik". Dengan bobot sekitar 900 kg, van ini menjadi yang pertama di kelas kendaraan komersial yang bergerak dengan tenaga elektrik (output maksimum: 70 kW). Tenaga listrik Vito E-CELL ini disalurkan oleh beterai lithium-ion berkekuatan sangat besar sehingga mampu menopang bobot kendaraan yang tinggi.

Sekitar 100 unit pertama kendaraan ini akan diproduksi di fasilitas perakitan di Victoria, Spanyol mulai Desember 2010. Rencananya, pada 2011 Vito E-CELL akan dibangun sebanyak 2.000 unit. Berkat sistem penggerak yang bebas emisi, Vito E-CELL secara sempurna ideal sebagai kendaraan transportasi masyarakat kota dan pinggiran yang begitu sensitif terhadap pencemaran lingkungan. Sistem penggerak Vito E-CELL bahkan tak membuat polusi suara, serta tak membatasi penggunanya pada daya angkut dan volume.

Vito E-CELL sanggup dioperasikan dalam jarak tempuh sekitar 130 km. Kemampuan ini jauh melebihi rata-rata penggunaan van sejenisnya yang hanya mencapai 50-80 km. Kendati bergerak dengan baterai, Vito E-CELL tergolong kendaraan cepat karena sanggup melesat hingga kecepatan maksimum 80 km/jam.

Untuk mengisi kembali listrik pada baterai juga tidak dibutuhkan waktu yang lama. Vito E-CELL hanya memerlukan listrik bertegangan 380/400 volt selama 6 jam agar energinya bisa terisi penuh kembali. Hebatnya, Vito E-CELL juga bisa dikoneksi dengan listrik konvensional bertegangan 230 volt.

"Hanya dengan kekuatan inovasi yang tak tertandingi kami akan terus muncul sebagai pemenang di masa mendatang. Dan inilah tujuan dari keseriusan kami mencapai mobilitas berkesinambungan. Kendaraan kami memiliki kemampuan berselaras dengan lingkungan hidup, efisien, bebas emisi dan tenang, di saat bersamaan juga berkeselamatan tinggi, nyaman, dan cepat," kata Volker Mornhinweg, Head of Mercedes-Benz Vans.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar