Menjemput Chevrolet Orlando

Tak terasa semakin dekat MPV (Multi-Purpose Vehicle) terbaru General Motors Autoworld Indonesia (GMAI), Chevrolet Orlando, meluncur. Banyak pertanyaan dari pembaca setia AUTOCAR, seperti apa besarnya mobil tujuh penumpang ini, sekencang apa dan pertanyaan utama perihal efisiensi bahan bakar, Pecinta Chevrolet patut berbangga hati, karena Indonesia dipastikan menjadi negara yang pertama di ASEAN untuk menikmati Orlando.


Bila melihat trend pasar MPV yang diyakini masih bisa bertahan hingga sepuluh tahun mendatang, cukup membuat Orlando menggoda konsumen Indonesia, terutama bagi yang menginginkan mobil keluarga. Desainnya yang menarik bahkan terlihat berotot, interior juga ditata agar seluruh penumpang duduk dengan nyaman dan akses penumpang serta peletakkan barang sangat mudah dan tak merepotkan.

Melihat dimensi pastinya, Orlando disajikan (pxlxt) 4.652 x 1.836 x 1.633 mm, Berbanding dengan Toyota Innova 4.580 x 1.770 x 1.745 mm. Sedangkan Nissan Livina 4.420 x 1.690 x 1.595 mm. Adapun untuk jarak sumburoda untuk Orlando 2.760 mm, Innova 2.750 mm dan Livina 2.600 mm.

Orlando untuk konsumen Indonesia dipastikan akan mendapat pilihan mesin bensin 1.8 L, mesin yang sudah teruji keandalannya di Chevrolet Cruze. Mesin empat silinder, DOHC, 1796 cc. Diameter piston dan langkah piston disajikan 80,5 x 88,2 mm dengan kompresi 10,5:1. Tenaga yang disalurkan sebesar 140 hp dipadu torsi 176 Nm. Orlando terdapat juga mesin pilihan diesel 2.0L, tapi kemungkinan masih dipertimbangkan dipasarkan di Indonesia. Adapun kapasitas tangki tersedia 64 liter.



Chevrolet berani mengklaim Orlando mampu melaju hingga 185 kpj. Adapun akselerasi 0-100 kpj ditorehkan 11,6 detik. Konsumsi bahan bakar luar kota terbaik diperoleh 16,9 kpl, dalam kota 10,3 kpl. Rata-rata konsumsi bahan bakar diperoleh 13,6 kpl.

Ruang bagasi belakang yang disajikan Orlando hanya 89 liter. Namun bila kursi baris ketiga terlipat, bagasi tersedia ruang 727 liter. Bahkan daya tampung bagasi kian luas bila jok baris kedua dan baris ketiga terlipat menjadi 1.487 liter. Atap mampu mengusung bawaan maksimal hingga 100 kg. Ruang interior disajikan (pxlxt) 2.659 x 1.450 x 1.246 mm.

Dual kokpit menjadi inspirasi ruang dasboard depan dari Corvette. Kombinasi tiga tempat duduk dibuat bergaya theater, agar pandangan ke depan dan komunikasi antar penumpang bisa lebih hangat. Ruang penyimpanan juga disuguhkan di tiap sisi penumpang.




Orlando akan memakai suspensi depan MacPherson strut, sementara suspensi belakang compound crank axle. Rem yang disiapkan cakram depan berukuran 300 mm dan rem belakang 292 mm. Didukung juga sistem pengereman Anti-lock Brake System. Orlando juga bisa dijejalkan ban berukuran mulai dari 16 inci hingga 18 inci.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar