Konferensi Industri Otomotif Pra-IIMS Picu Gaikindo Kembangkan Industri Sendiri



JAKARTA – Gabungan Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) akan menyelenggarakan konferensi bertajuk ‘Indonesian Automotive Industry Post 1 Million Cars’ pada 21 Juli 2011 di JIExpo, Jakarta. Acara tersebut nantinya akan menjadi’pra-event’ dari Indonesia International Motor Show (IIMS) ke-19.

Tujuan konferensi yang diadakan sebelum perhelatan akbar otomotif Indonesia itu adalah untuk mendiskusikan bagaimana ke depannya industri negeri ini. Inilah kali keenam Gaikindo mengadakan konferensi tersebut. Arah konferensi tersebut adalah agar nantinya Indonesia dapat berkembang pesat dalam industri otomotif yang turut didukung oleh kelengkapan infrastruktur. Selain itu, acara diadakan bertujuan agar negeri ini sadar akan pentingnya pengembangan teknologi yang ramah lingkungan.

“Kita harus mulai memikirkan bagaimana memajukan industri otomotif Tanah Air agar Indonesia bisa menjadi ‘production based’,” ujar Johnny Darmawan, ketua Penyelenggara IIMS dalam siaran pers tertulis yang Autocar terima, Selasa (3/5).

Gaikindo sendiri memang melihat peluang pasca tsunami di Jepang Meret lalu. Indonesia mengalami gangguan pasokan suku cadang kendaraan. Dari situ, sudah ada pemikiran ke depan bagaimana seharusnya Indonesia dapat mengembangkan industri di dalam negeri dalam beberapa waktu ke depan. Apalagi pasar otomotif negeri ini membaik dari tahun ke tahun.

“Kami sangat berharap ada dukungan pemerintah dalam perbaikan infrastruktur dan ketersediaan energi,” tambah Johnny Darmawan yang juga Ketua III Gaikindo.

Kesiapan industri otomotif tak bisa berdiri sendiri karena didukung oleh industri-industri lainnya. Mulai dari suku cadang hingga pengembangan infrastruktur. Dengan kesiapan industri otomotif dan pendukungnya maka perbaikan akan terjadi pada perkembangan pasar di tanah air. Bahkan, pemenuhan kebutuhan secara domestik dapat mengurangi ketergantungan pasokan komponen dari negara lain.

Sari Saraswati

Tidak ada komentar:

Posting Komentar