Nissan Bangun Perusahaan Baru Nissan Motor Kyushu




YOKOHAMA – Nissan Motor Co., Ltd. mengumumkan rencana pembangunan perusahaan barunya di Kyushu dengan nama Nissan Motor Kyushu Co., Ltd.. Lalu, kantor tersebut akan menjadikan Yukinobu Kodama sebagai Presidennya. Sebelum itu ia merupakan General Manager’ pabrik Nissan di sana.

Seperti dilansir situs resmi Nissan Jepang pada Jumat (22/4), kantor Nissan Kyushu akan resmi di publikasikan pendiriannya pada Agustus dan mulai beroperasi pada Oktober 2011. Kantor tersebut akan dibangun beriringan dengan pabrik berkemampuan produksi 430.000 unit mobil dengan 3.760 tenaga kerja. Adapun produk-produk Nissan yang diproduksi, antara lain Serena, Teana, Lafesta, X-Trail, Dualis, Murano, serta kendaraan khusus untuk di ekspor, Rogue dan Almera.

“Nissan bertujuan untuk menumbuhkan perusahaannya di kancah industri otomotif dunia. Dan pembangunan perusahaan baru tersebut akan menjadi salah satu cara meningkatkan kemampuan produksi yang ada. Ke depannya ada harapan besar untuk mencapai kapasitas produksi hingga satu juta unit,” ungkap manajemen perusahaan.

Nissan melihat peluang besar pertumbuhan bisnisnya. Pada Maret lalu saja, produksi, penjualan, dan ekspornya secara global meningkat dibanding 2010. Kapasitas produksi perusahaan naik 9% ‘year-on-year’ (YOY) menjadi 382.704 unit. Sementara penjualan global meningkat 12,9% menjadi 487.278 unit dan ekspor dari Jepang naik 12,5% menjadi 41.746 unit.

Bencana tsunami dan gempa kemarin tak serta merta menurunkan semangat Nissan. Perusahaan tersebut tetap mencari jalan lain untuk mengembangkan bisnisnya. Apalagi persaingan bisnis otomotif antarperusahaan Jepang sangat signifikan. Maka dari itu, pengembangan kantor di Kyushu akan membantu kebangkitan usaha pasca bencana.

Sari Saraswati

Tidak ada komentar:

Posting Komentar