New KIA Cerato Tembus 190 km/jam!



Prediksi pertumbuhan hatchback di dunia akan mencapai 1,2 juta unit. Nah, sebuah angka yang menjanjikan peruntungan luar biasa. Rupanya, ini membuat KIA manufaktur asal Korea Selatan, tergiur untuk turut dalam pesta itu dan meluncurkan New Kia Cerato Hatchback.

Secara teknis, Cerato hatchback tak berbeda jauh dengan versi sedan, mulai dari sumbu roda, pijak ban, lebar dan tinggi. Namun untuk overhang belakang lebih pendek 190 mm dan dimensi panjang keseluruhan Cerato hatchback kini 4.340 mm. Adapun untuk bagasinya tersedia 385 liter. Sementara Cerato hatchback duduk di atas velg berukuran 17 inci.

Agar image Cerato hatchback diterima sebagai kendaraan berteknologi tonggi, pihak Kia telah memasangkan “paddle shift” untuk perpindahan transmisi dari balik kemudi. Adapun kunci lipat, keyless entry dan Bluetooth menjadi perangkat standar seluruh model.

Cerato menggunakan mesin Theta II, empat silinder, DOHC, CVVT, berkapasitas 1.998cc. Tenaganya diklaim mencapai 115 hp pada 6.200 rpm dan torsi 194 Nm pada 4.300 rpm. Diyakini Cerato hatchback mampu melesat 9,1 detik untuk menembus 100 kpj dari posisi diam. Adapun untuk kecepatan tertinggi diperoleh 190 kpj. Pilihan transmisi tersedia enam percepatan manual dan otomatis.

Cerato hatchback mampu bergerak dinamis berkat settingan suspensi independen MacPherson untuk bagian depan dan torsion beam di bagian belakang. Peranti penghenti laju bagian depan menggunakan cakram ventilasi berukuran 280 mm dan belakang berdiameter 262 mm. ABS & EBD dipadu Electronic Stability Control dengan TCS.
Kusnadi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar