Sejak pertama kali diperkenalkan di Indonesia pada tahun 2000, Honda CR-V menembus angka 100.000 unit pada bulan Februari 2011 lalu, atau tepatnya sebanyak 100.482 unit yang dicapai berkat tambahan penjualan sebanyak 979 unit pada bulan Februari. Sepanjang 11 tahun dipasarkan di Indonesia, CR-V juga terus konsisten menjadi market leader di kelas SUV.
Hingga bulan kedua di tahun 2011, Honda CR-V menguasai pangsa pasar terbesar di kelasnya yaitu sebanyak 30%, dengan angka penjualan di tahun 2011 telah mencapai 2.158 unit. Tak hanya dari sisi penjualan, CR-V juga telah menorehkan namanya di berbagai ajang penghargaan bergengsi di Indonesia. Penghargaan yang diterima Honda CR-V meliputi kategori Car of the Year, Best SUV, Pilihan Favorit Konsumen, hingga Tingkat Kepuasan Pelanggan Terbaik. Baru-baru ini, Honda CR-V menerima penghargaan sebagai “Favorite SUV” dari ajang Autocar Reader’s Choice Award 2011.
“Honda CR-V merupakan satu-satunya SUV yang berbeda di kelasnya, dimana Honda CR-V berani keluar dari desain konvensional sebuah SUV yang cenderung berasal dari mobil komersial, dengan menghadirkan kombinasi antara style, kenyamanan, dan ketangguhan. Tak hanya itu, Honda CR-V juga selalu menawarkan fitur dan teknologi premium pada setiap generasinya. Hal ini yang membedakan Honda CR-V dengan model lain di kelasnya, sehingga selalu menjadi pilihan utama konsumen,” ungkap Jonfis Fandy, Marketing & Aftersales Service Director PT Honda Prospect Motor.
“Bersama dengan Honda Jazz dan juga Honda Freed, Honda CR-V telah menjadi salah satu tulang punggung penjualan Honda di Indonesia, sekaligus menjadi kebanggaan karena merupakan model yang diproduksi di Indonesia. Dengan demikian Honda CR-V berhasil menjadi satu-satunya model dikelas SUV yang telah berhasil menembus penjualan di atas 100.000 unit di Indonesia, kami percaya bahwa Honda CR-V akan semakin dipercaya oleh konsumen di masa mendatang,” tambah Jonfis.
Kontribusi terbesar untuk penjualan Honda pada bulan Februari lalu masih berasal dari All New Honda Jazz. All New Honda Jazz berhasil terjual sebanyak 1.987 unit, menguasai pangsa pasar sebesar 45% dan berhasil menjadi Market Leader pada segmen Hatchback. Hingga bulan Februari 2011, All New Honda Jazz telah terjual sebanyak 4.454 unit di seluruh Indonesia.
Sementara itu, Honda Freed meraih penjualan sebanyak 915 unit di bulan Februari 2011. Secara total, penjualan Honda Freed sejak bulan Januari hingga Februari tercatat sebanyak 2.006 unit dan telah meraih pangsa pasar di kelas MPV sebanyak 12%. Untuk segmen MPV premium, All New Honda Odyssey berhasil terjual 41 unit pada bulan Februari 2011.
Dari segmen sedan, Honda telah berhasil menjual sebanyak 827 unit dari Januari hingga Februari 2011 dengan pangsa pasar sebesar 15,5%. Sementara pada bulan Februari sendiri, Honda berhasil menjual sebanyak 636 unit produk sedannya, meningkat 232% dibanding bulan sebelumnya yang terjual 191 unit.
All New Honda City mencatat penjualan sebanyak 307 unit di bulan Februari lalu, meningkat sebanyak 74,4% dibanding penjualan di bulan Januari 2011, yang tercatat sebanyak 176 unit. Hingga saat ini, All New Honda City telah meraih penjualan sebanyak 483 unit di seluruh Indonesia dengan pangsa pasar 30% di kelas mini sedan*.
Selain itu, New Honda Civic terjual sebanyak 106 unit pada bulan Februari lalu, meningkat dibanding bulan sebelumnya yang terjual 12 unit. Dengan angka tersebut, Honda Civic telah terjual sebanyak 118 unit di seluruh Indonesia pada tahun 2011 dan menguasai pangsa pasar Indonesia sebesar 11%.
Di kelas medium sedan, Honda Accord terjual sebanyak 223 unit pada bulan Februari. Angka penjualan tersebut diraih New Full Size Accord setelah peluncuran model terbarunya pada tanggal 23 Februari 2011 lalu. Dengan demikian, sedan premium dari Honda ini telah terjual sebanyak 226 unit selama 2 bulan tahun 2011 ini, dengan pangsa pasar 22% di kelas medium sedan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar